5 Tips Mendapatkan Foto Bokeh Yang Indah

Tips Mendapatkan Foto Bokeh Yang Indah
Living is easy by Frank Burkert on 500px.com

Teknik memotret bokeh adalah teknik memotret dengan membuat kabur atau blur pada bagian yang tidak fokus, yang membuat objek akan terpisah dari background-nya. Bokeh ini dipengaruhi oleh depth of field (DoF). Pada dasarnya kamera analog maupun digital jenis apapun memiliki jangkauan depth of field dan mengalami gejala bokeh. Akan tetapi tingkat efek yang diperoleh tidaklah sama dan tidak selalu mencukupi untuk diterapkan pada teknik selective focusing. Kombinasi parameter lensa dan jenis kamera yang berbeda akan menghasilkan tingkat bokeh yang berbeda.

Ada 5 faktor yang menentukan kualitas foto bokeh, yaitu :

1. Gunakan aperture (f stop) lebar

Setting kamera pada mode aperture priority (Av/A). Bokeh akan semakin dominan pada aperture lebar (angka f kecil). Sebagai contoh lensa dengan f/2.8 akan lebih menghasilkan bokeh dibandingkan dengan lensa dengan f/5.6. Baca kembali tentang aperture dan depth of field (DoF).

2. Panjang lensa (focal length)

Bokeh semakin dominan pada lensa panjang. Focal length yang lebih panjang (misalnya 200mm) menghasilkan bokeh lebih dibandingkan dengan focal length pendek (misalnya 18mm). Baca kembali mengenai focal length.

3. Jarak objek

Bokeh akan semakin dominan saat objek lebih dekat dengan lensa, seperti pada foto macro di bawah.

Tips Mendapatkan Foto Bokeh Yang Indah, makro fotografi
lady’s tresse by Masaru Kuroda on 500px.com

4. Ukuran sensor kamera

Bokeh semakin dominan pada sensor dengan ukuran besar. Contohnya adalah kamera full frame + lensa 50mm menghasilkan lebih banyak bokeh dibandingkan APSC + lensa dengan view yang equivalen, yaitu 35mm.

5. Gunakanlah lensa prime

Untuk mendapatkan foto bokeh yang maksimal, karena lensa prime memiliki aperture yang sangat besar. Tipikal lensa prime adalah 50mm f/1.4, 85mm f/1.4 atau varian murahnya 50mm f/1.8 dan 85mm f/1.8. (Akan dibahas pada artikel tentang jenis-jenis lensa kamera DSLR).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *