9 Alasan Untuk Memiliki Lensa Prime 50mm

Jika anda memiliki budget tambahan, lensa yang satu ini sangat layak untuk dibeli. Lensa ini secara focal length sebenarnya sangat mirip dengan dengan lensa kit 18-55mm yang dizoom maksimal. Lensa ini disebut jaga dengan “Nifty Fifty”. Untuk kamera APS-C, lensa prime 50mm adalah sebuah lensa tele pendek sementara untuk kamera full frame, lensa ini adalah lensa standar.

lensa prime 50mm

Alasan untuk memilih lensa 50mmm

Jika anda belum pernah menggunakan lensa ini, pasti akan timbul pertanyaan “Kenapa saya musti membeli lensa yang tidak bisa dizoom dan memiliki focal length yang tanggung? Apalagi jika saya sudah memiliki lensa kit yang dimana focal length 50mm sudah termasuk didalamnya”.

Dan inilah alasan kenapa kita musti memiliki lensa nifty fifty ini:

1. Bagus untuk memotret low light

Lensa prime 50mm memiliki aperture maksimal f/1.8 atau f/1.4 yang memungkinkan kita memotret dalam kondisi low light, disaat lensa lain sudah menyerah. Sebagai contoh Canon EF 50mm f/1.4 dengan aperture maksimal f/1.4 sementara lensa kit 18-55mm memiliki aperture maksimal f/5.6, yang artinya lensa prime 50mm f/1.4 memberikan 4 stop cahaya lebih dibandingkan dengan lensa kit tadi. Hal ini memungkinkan kita untuk menggunakan shutter speed yang lebih cepat untuk menghindari guncangan, atau dengan ISO rendah.

2. Murah

Lensa prime 50mm adalah lensa dengan kualitas fantastis dengan harga yang relatif terjangkau dibanding lensa lain. Anda bisa membeli lensa prime 50mm f/1.8 baik Canon atau Nikon dengan harga sekitar Rp. 1 juta.

3. Ringan

Hampir semua lensa prime 50mm memiliki bobot yang ringan dibandingkan dengan lensa jenis lainnya. Bobot adalah faktor yang krusial saat anda harus lebih banyak berjalan saat memotret atau saat anda melakukan traveling. Inilah alasan street photographer lebih banyak menggunakan lensa ini saat melakukan pemotretan.

4. Bokeh yang dahsyat

Karena aperture yang lebar f/1.4 atau f/1.8, lensa prime 50mm ini menghasilkan foto bokeh yang sangat bagus.

lensa prime 50mm

5. Super tajam

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh lensa prime 50mm biasanya sangat bagus. Seperti yang disebutkan di poin 1 karena mempunyai aperture yang lebar memungkinkan untuk memotret dengan shutter speed cepat untuk menghindari kamera goyang, sehingga lensa ini membantu untuk menghasilkan foto yang lebih tajam dan juga anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menghasilkan foto yang bagus. Bila dibandingkan dengan lensa zoom, lensa ini mempunyai desain dan susunan optik di dalamnya yang relatif lebih simpel, sehingga menghindarkan chromatic aberration.

6. Serbaguna

Lensa prime 50mm ini juga cocok bagi anda yang suka memotret jalanan (street photography), tidak terlalu lebar dan tidak terlalu panjang, dan sangat cepat. Pada kamera APS-C dengan crop factor 1.5 lensa prime memiliki panjang focal efektif 75mm, artinya anda sudah memiliki lensa tele pendek yang ideal untuk memotret portrait. Dengan panjang focal ini cukup untuk menghilangkan distorsi pada wajah subjek anda.

7. Bagus untuk traveling

Karena ringan dan cepat, lensa 50mm ini cocok bagi anda yang suka traveling. Lensa ini bisa melengkapi lensa wide 17-35mm dan lensa zoom 70-200 untuk mengcover seluruh focal length ketika melakukan traveling.

8. Bisa disulap menjadi lensa makro

Bila anda ingin memotret makro dengan budget rendah, anda bisa mengubah lensa ini menjadi lensa makro tanpa harus membeli lensa makro. Cukup dengan memamfaatkan extension tube atau anda memasangnya terbalik dengan memamfaatkan reverse ring, anda bisa menyulap lensa prime 50mm menjadi lensa makro dengan kualitas gambar yang baik.

9. Membantu melatih keahlian fotografi

Sudah jelas kalau lensa prime adalah lensa fixed atau lensa yang tidak bisa dizoom. Untuk mengubah framing kita harus menggerakan badan dan kaki, tanpa kita sadari ini melatih kemampuan komposisi kita. Menggunakan lensa prime memberikan tantangan kepada kita untuk berfikir lebih tentang komposisi sebelum kita menekan shutter yang pada akhirnya membuat foto kita jadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *