Apa Itu Dynamic Range Dalam Fotografi ?

Dynamic range dalam fotografi dapat didefinisikan sebagai cakupan (dari minimum sampai maksimum) luminance (pencahayaan) dari suatu pemandangan yang difoto. Dynamic range juga dikaitkan dengan range intensitas sensor kamera dalam merekam gambar, baik di area shadow maupun highlight.
Apa Itu Dynamic Range Dalam Fotografi ?
Starring at the sun by thefella on flickr.com

Luminance maksimum umumnya adalah area dimana sumber cahaya berada (misalnya matahari/langit) atau area dengan tingkat reflektif tinggi (misalnya kaca yang memantulkan cahaya. Sementara yang luminance-nya minimum adalah area gelap/di bawah bayangan, atau benda dengan tingkat refleksi minimum (misalnya batu karang).

Mata kita memiliki dynamic range yang sangat luas dan dapat membedakan area yang gelap dan terang dengan kecepatan dan tingkat akurasi yang mengagumkan. Namun, sensor kamera memiliki sudut pandang yang jauh lebih sempit dan harus berjuang untuk merekam detail area gelap dan terang secara bersamaan. Oleh karena itu, jika ada perbedaan cahaya yang kontras dalam foto yang diambil, kamera tidak akan dapat merekam seluruh area dengan sempurna, dan gambar akan seperti ‘terpotong’, karena terkena under atau overexposure. Inilah mengapa memotret pemandangan (landscape) yang memiliki perbedaan cahaya yang kontras bisa menjadi sangat sulit.

Tiap objek foto memilki dynamic range yang berbeda-beda. Ada yang dynamic range-nya tinggi (artinya perbedaan luminance antara yang maksimum dan minimum sangat besar), ada pula yang dynamic range-nya rendah. Secara umum objek landscape adalah pemandangan dengan dynamic range medium – tinggi. Matahari dan langit umumnya sangat terang, sedangkan foreground umumnya kurang cahaya sehingga gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *