Cara Memaksimalkan Kestabilan Kamera Dengan Tripod Dan Shutter Cable

Seringkali pengambilan foto membutuhkan shutter speed yang sangat lambat, atau sering juga disebut slow shutter speed atau long exposure. Waktu yang dibutuhkan bisa berkisar dari 1/10 detik hingga 30 detik atau bahkkan lebih. Pada kondisi ini, memotret secara handheld sudah tidak mungkin lagi dilakukan karena akan muncul guncangan (shake) pada foto.

Cara Memaksimalkan Kestabilan Kamera Dengan Tripod Dan Shutter Cable
Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan tripod atau shutter cable. Tripod berguna untuk menahan kamera tanpa menimbulkan pergerakan, berbeda dengan tangan kita yang secara tidak disadari terpengaruh oleh gerakan pernafasan dan detak jantung. Alat pelengkap berupa shutter cable akan meningkatkan kestabilan dengan menghindarkan kamera dari getaran saat anda menekan tombol shutter.
Sebagai catatan tambahan, kamera DSLR menggunakan mekanisme mirror yang sebenarnya juga menimbulkan guncangan pada saat mengambil gambar terutama pada long exposure. Anda bisa menggunakan fitur mirror lock atau shutter delay. Silakan cek lebih detail pada buku manual kamera anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *