Cara Membuat Foto HDR Dramatis

Setelah pada artikel sebelumnya kita telah memahami tentang Dynamic Range dan Teknik Fotografi HDR, maka pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat foto HDR.

Teknik fotografi HDR (High Dynamic Range) adalah teknik yang populer dikalangan fotografer landscape. Prinsip dasarnya adalah merekam beberapa foto pada nilai exposure bervariasi, kemudian menggabungkannya untuk menghasilkan foto dengan rentang tonal yang lebih luas. Dengan cara ini, detail pada area shadow dan highlight dalam pemandangan dapat ditangkap seluruhnya.

foto hdr, bracketing, cara memotret hdr

Menciptakan foto HDR membutuhkan beberapa foto (umumnya 3 sampai 9), dengan nilai aperture dan ISO yang sama. Hanya nilai shutter speed yang diubah pada setiap foto, agar depth of field dan noise tetap konstan. Hasil foto kemudian digabung dengan software pengolah foto. Ada beberapa program yang bisa digunakan untuk memproses foto HDR seperti Photoshop, Photomatix, dan HDR Projects 2.

Cara memotret foto HDR 

Sebelum mulai memotret foto HDR, ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan. Tripod sangat dibutuhkan agar komposisi pada setiap foto tidak berubah. Remote release juga akan berguna untuk menghindari guncangan kamera yang tidak diinginkan. Gunakan self timer kamera jika anda tidak mempunyai remote. Objek bergerak seperti portrait tidak cocok menggunakan teknik HDR, tapi teknik ini sempurna untuk landscape. Namun, hati-hatilah bila ada awan yang bergerak cepat dan pohon yang bergerak dalam pemandangan, karena dapat menyebabkan efek ghosting ketika anda mengolah seluruh foto.

1. Persiapan

Pasang kamera pada tripod dan atur komposisi foto. Carilah objek menarik pada foreground untuk menarik perhatian mata. Pastikan tripod terkunci, agar kamera tidak berubah selama exposure. Pasangkan remote shutte release atau aktifkan modus self timer pada kamera. Atur komposisi dan fokuskan. Setelah terfokus, posisikan lensa pada fokus manual.
 
foto hdr, bracketing, cara memotret hdr

2. Pengesetan kamera

Posiskan kamera pada modus Av dan atur ISO pada 100 untuk mendapatkan kualitas foto pada pengaturan tertinggi. Berikutnya, atur aperture pada sekita f/11 untuk memastikan pemandangan tajam dari depan sampai belakang, dan seimbangkan shutter speed untuk berada di tengah exposure meter (EV 0). Terakhir, aktifkan fitur mirror lock-up undangan menghidari guncangan kamera.
foto hdr, bracketing, cara memotret hdr

3. Bracket exposure

Set Auto Exposure Bracket pada kamera DSLR, sehingga kamera menyesuaikan shutter speed secara otomatis untuk merekam 3 exposure berbeda. Dan, mulailah merekam exposure.

foto hdr, bracketing, cara memotret hdr

4. Proses pengolahan foto

Untuk pengolahan foto HDR kita bisa menggunakan software khusus untuk HDR seperti Photomatix Pro, HDR Projects 2 atau melakukannya di Photoshop.

foto hdr, bracketing, cara memotret hdr
Pilihan berapa foto yang dipakai sebenarnya tergantung kebutuhan kita. 3 foto akan membuat proses di photoshop jauh lebih cepat dibandingkan 5, namun kalau kita memiliki 5 buah maka foto akhir yang dihasilkan akan memiliki tonal yang lebih halus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *