Cara Membuat Pinhole Kamera

cara membuat pinhole kamera

Cara membuat pinhole kamera – Menciptakan foto tanpa lensa yang menggugah dengan trik foto berlubang jarum (pinhole) dengan DSLR. Meski kita bisa saja menambahkan efek pinhole dengan software pengolah foto atau melalui aplikasi pada smartphone, tapi ada rasa magis, kreatif dan memuaskan tersendiri yang diperoleh dari merekamnya langsung di dalam kamera. Foto pinhole atau lubang jarum harus direkam tanpa lensa, dan pada zona kreatif kali ini, akan ditunjukkan cara mengubah DSLR atau mirrorless menjadi perangkat pinhole.

Untuk mencobanya sendiri, anda harus menggunakan body cap yang sesuai untuk kamera anda (carilah yang menjualnya secara online untuk mendapatkan harga murah), lalu bor. Mengontrol kamera lubang jarum tidak sesulit yang anda bayangkan. Anda hanya perlu memposisikannya pada modus Manual, lalu atur shutter speed dan ISO. Sebagai hasil dari cahaya yang sangat kurang, ISO perlu dinaikkan, tapi tampilan grainy dan cacat secara teknis membantu daya tarik pada hasil akhir foto. Kamera mungkin perlu dipasangkan pada tripod jika pengaturan shutter speed panjang.

Karena kecilnya ukuran lubang jarum yang berfungsi sebagai lensa, mungkin juga akan dibutuhkan sumber cahaya tambahan. Flashgun eksternal atau lampu studio akan membawa jauh perbedaan jika anda akan merekam objek still life atau portrait.

Langkah-langkah membuat pinhole kamera

1. Bor penutup atau body cap

Membuat lubang cap - membuat pinhole kamera

Mulailah dengan mebuat lubang 5mm menggunakan bor di tengah body cap. Tentunya, ketika melakukan proses ini, cap tidak terpasang pada body kamera. Bersihkan serpihan-serpihan plastik agar tidak jatuh ke dalam kamera dan merusak sensor.

2. Buat lubang jarum (pinhole kamera)

Membuat pinhole kamera pada aluminium foil

Ambillah sepotong kecil aluminium foil dan lubangi bagian tengah dengan jarum ukuran 7. Sekali lagi, bersihkan lubang dengan amplas halus. Gunakan lakban plastik untuk memasangkan foil pada cap. Pastikan bahwa lubang sejajar dan berada di tengah.

3. Mulai merekam

Memotret dengan pinhole kamera

Ketika mengkomposisikan foto, viewfinder tidak akan bisa digunakan, jadi anda harus mengira-ngira. Karena ukuran lubang jarum yang kecil, sudut pandang yang ditangkapnya lebar. Artinya, anda harus mendekat kepada objek jika ingin mengisi frame. Berelsperimenlah dengan cara perekaman untuk mendapatkan hasil yang unik. Demikianlah tips cara membuat pinhole kamera dan memotret dengan pinhole kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *