Elemen Komposisi Fotografi : Garis

Elemen komposisi fotografi – Komposisi  adalah seni menyusun elemen dalam frame yang membuat suatu foto tampak enak dipandang. Bagus tidaknya komposisi dari foto sangat tergantung pada kebutuhan foto itu sendiri. Komposisi dapat dibuat dengan mengatur posisi benda yang akan dipotret dan atau dengan mengatur angle (sudut pengambilan gambar).
Elemen Komposisi Fotografi : Garis
Lavender Dream by Albena Markova

Elemen komposisi fotografi

Terdapat elemen-elemen penting dalam menyusun komposisi fotografi  yaitu garis (line), bentuk (shape), dan pola (pattern). Garis dan bentuk adalah elemen penting dalam komposisi. Garis menggiring mata pengamat memasuki frame menuju objek (leading lines). Sehari-hari kita selalu melihat eleme garis seperti garis cakrawala (horison), garis pantai, jalan, rel, gedung, dan lain. Pada dasarnya garis dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu garis horisontal, garis vertikal, garis diagonal dan garis lengkung (kurva).

Sebuah kurva S tampil berkelok pada suatu frame, menggiring mata pengamat lebih dalam lagi memasuki frame, sementara garis lurus menggiring secara langsung. Kurva memberi kesan fleksibel, sementara garis lurus memberi kesan lebih kaku. Apakah anda menggunakan garis lurus atau garis diagonal menuju objek ? Keduanya bekerja sama baiknya namun memberikan kesan yang berbeda.

Elemen komposisi fotografi – Komposisi Garis Horisontal

Garis horisontal memberikan kesan tenang dan statis pada foto. Kadang garis membagi foto ke dalam  beberapa bagian, membuat mata pengamat melihat kedalam tiap bagian.  Hindari penggunaan garis tepat ditengah-tengah foto karena bisa menimbulkan kesan mati dan kaku.
Elemen Komposisi Fotografi : Garis
Creti senesi by Cesare Simioni on 500px.com

Elemen komposisi fotografi – Komposisi Garis Vertikal

Garis vertikal pada umumnya menampilkan unsur kuat dan dinamis, secara langsung menuntun mata pengamat pada frame. Pada format lanskap kita dapat menjadikan garis vertikal seakan-akan mendobrak keluar gambar. Sedangkan pada format potrait kita akan mendapatkan kesat kuat dan tinggi.
Elemen Komposisi Fotografi : Garis
Untitled by Inka Kantnerová on 500px.com

Elemen komposisi fotografi – Komposisi Garis Diagonal

Berbeda dengan garis horisontal dan vertikal, garis diagonal memberikan kesan adanya jarak dan posisi yang agak sulit ditangkap pada still photography (foto yang mengabadikan benda-benda) dan membuat kesan komposisi gambar terasa hidup. Garis diagonal sering digunakan untuk menuntun mata pengamat pada suatu objek (leading lines).
Elemen Komposisi Fotografi : Garis, diagonal
Tuscany, Italy by Sean Turi on 500px.com
Elemen Komposisi Fotografi : Garis, diagonal
Untitled by Federico Gili on 500px.com

 

Elemen komposisi fotografi – Komposisi Kurva

Kurva menciptakan jalur berkelok yang menggiring mata pengamat memasuki foto menuju objek tertentu. Kurva adalah garis yang lebih fleksibel, dengan kurva S garis pada foto tampak tidak setegas garis lurus sehingga memberi kesan dinamis dan tenang.
Elemen Komposisi Fotografi : Garis, kurva
Fall Series – Cades Cove Loop by John Mason on 500px.com

Demikian pembahasan tentang salah elemen komposisi fotografi yaitu garis. Pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas elemen komposisi fotografi : bentuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *