Exposure Bracketing: 3 Cara Cepat Untuk Memperoleh Exposure Yang Tepat

Bracketing adalah teknik memotret beberapa foto pada exposure yang bervariasi, sebagai cara aman untuk memastikan anda merekam gambar dengan expsoure yang tepat. Ini terutama berguna ketika memotret dalam situasi pencahayaan yang rumit. Secara teknis kamera akan mengambil exposure yang pas dan mengambil beberapa exposure tambahan yang overexposure dan underexposure.

cara bracketing, kamera dslr, auto exposure bracketing

Anda dapat melakukan bracketing pada modus Aperture priority (A atau Av) dan modus Manual (M), selain itu bisa juga dengan fitur Auto Exposure Bracketing (AEB) di menu kamera. Jumlah foto yang diambil dalam sekali bracketing bisa sekitar 3 atau 7 foto (tergantung masing-masing kamera), dengan variasi stop mulai 1/3 sampai per-2 stop untuk setiap frame. 

Cara menggunakan bracketing

Bracketing dapat digunakan ketika sedang memotret peristiwan penting (seperti wedding) dalam kondisi pencahayaan yang rumit untuk mengurangi resiko kehilangan foto penting dengan exposure yang pas. Bracketing juga dapat digunakan untuk memotret pemandangan dengan rentang tonal yang luas, dengan mengekspos bagian shadow dan highlight pada frame yang terpisah, yang nantinya dikombinasikan untuk menghasilkan foto HDR.

1. Bracketing di aperture priority

Gunakan Exposure Compensation (set di 0 untuk exposure original) dan dial di 1, 2, -1 dan -2 untuk exposure tambahan. Ini tidak akan mengubah nilai aperture tapi nilai shutter speed-lah yang berubah. Baca kembali tentang Exposure Compensation.
 
cara bracketing, kamera dslr, auto exposure bracketing

2. Bracketing di Manual

Atur setting exposure secara manual dan gunakan meter kamera untuk membuat exposure yang dirasa tepat – misalnya 1/60 pada f/16 – dan lakukan bidikan pertama. Setelah itu set shutter speed pada kecepatan lambat dengan memutar tombol dial dan bidik. Lakukan ini juga pada shutter speed yang cepat.
cara bracketing, kamera dslr, auto exposure bracketing

3. Auto Exposure Bracketing (AEB)

Auto Exposure Bracketing memungkinkan anda men-set kamera secara otomatis mengambil exposure yang pas dan kemudian mengambil exposure yang overexposure dan underexposure secara bertahap.
cara bracketing, kamera dslr, auto exposure bracketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *