Fotografi Long Exposure: Tips Menggunakan Filter ND

Filter yang tepat dapat membawa foto landscape anda  ke tempat yang lebih tinggi, tapi filter ND apa yang paling cocok untuk anda? Dan apakah cara yang paling mudah untuk menghitung waktu exposure?

long exposure, ND filter, seascape

Penomoran filter ND

Filter ND ditawarkan dalam berbagai kekuatan hingga 10 stop. Setiap pabrikan punya cara sendiri untuk melabeli kekuatan filter ND. Sebagian hanya menyebutkan nilai stop filter. Sebagian mengukur densitas pada unit, misalnya 0.3 (setara dengan 1 stop), 0.6 (2 stop), 0.9 (3 stop), dan seterusnya. Sementara sebagian lainnya akan mengacu kepada pengalian shutter speed yang setara: 2x (1 stop) atau 16x (4 stop).

Anda juga akan mendapatkan hasil berbeda pada foto anda tergantung pada panjang shutter speed yang digunakan. Exposure 1 detik akan mengaburkan gerakan tapi masih mempertahankan bentuk ombak, sementera exposure 10 detik cenderung menghasilkan laut yang seperti kabuut atau awan yang seperti goresan-goresan di langit.

Pengalaman dan panduan referensi, akan membantu anda memperoleh hasil yang lebih cepat, tapi eksperimen tetap diperlukan.

long exposure, ND filter, seascape

Cara mengkalkulasi filter ND

Untuk setiap stop cahaya yang dihalangi oleh filter ND, melipatgandakan panjang exposure. Jika shutter speed pada 1/125 detik, filter 6 stop memanjangkannya menjadi 1/2 detik, sementera filter 10 stop akan membawanya ke 8 detik.
Anda juga bisa menumpuk beberapa filter sekaligus. Padukan filter 10 stop dan ND Grad untuk memperlambat exposure dan mempergelap langit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *