Highlight Warning Kamera Untuk Menghindari Overexposure

Highlight Warning Kamera Untuk Menghindari Overexposure – Kebanyakan kamera digital didesain dengan fitur playback yang dikenal dengan nama “highlights screen”. Fitur ini memberikan grafik indikator yang memungkinkan fotografer untuk melihat bagian mana dari gambar yang overexposed. ‘Exposure warning’  seperti ini dapat menjadi alat bantu yang tertanam di dalam kamera, dan seperti histogram, sangat membantu dalam memastikan bahwa anda memotret highlight dalam batas dinamic range sensor kamera.
Highlight warning kamera blinkies
Sementara histogram memberikan ilustrasi grafik dari isi tonal suatu gambar, dan membantumu menilai keseluruhan exposure, highlight screen – atau highlight alert – ditujukan secara spesifik untuk membantu fotografer mencegah highlight terbakar. Subjek berwarna putih atau sangat terang di bawah sinar matahari langsung biasanya cenderung mengalami masalah ini. Histogram dengan puncak yang tajam di sebelah kanan jauh biasanya mengindikasikan bahwa ada bagian dari gambar yang overexposure. Namun, highlight alert mengidentifikasi pixel yang melebihi nilai putih total (255). Pixel seperti ini tidak dapat diukur , tidak diproses, dan diabaikan – tanpa detail dan informasi yang direkam. Saat gambar ditampilkan pada layar LCD kamera, pixel yang berada diluar dinamic range kamera akan berkedip atau blinking – dengan segera memberikan ilustrasi grafik di mana ada detail yang ‘terbakar’ atau hilang.

Cara mengaktifkan Highlight warning kamera

Pada DLSR Nikon dapat dilakukan dengan memencet tombol preview (play warna hijau), kemudian pencet tombol  Up/Down sampai blinking tadi terlihat.
Pada DSLR Canon, pencet tombol ‘Display’ atau ’Info’ sampai blink tadi muncul. Dapat juga diaktifkan dari menu setting.

Highlight warning kamera – Cara mengatasi blinking pada foto

Kalau blinking muncul di area yang tidak terlalu penting dapat diabaikan. Namun, untuk memperbaiki foto yang overexposure dapat dilakukan dengan mengatur ‘exposure compensation’. Demikianlah pembahasan cara menggunakan fitur Highlight Warning Kamera untuk menghindari overexposure.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *