Komposisi Untuk Fotografi Landscape

Apa saja kunci dari komposisi yang bagus untuk fotografi landscape ?

Fotografi landscape adalah sebuah bentuk seni. Terkadang aturan-aturan konvensional dapat membatasi proses kreatif. Tapi bukan berarti anda tidak perlu mengetahui aturan dasar komposisi, hubungannya dengan fotografi landscape, dan bagaimana hal ini mempengaruhi hasil foto.

break the rule - komposisi fotografi landscape

Firestarter by Timothy Poulton on 500px.com

Komposisi fotografi landscape “Rule of Third”

Salah satu langkah awal untuk menciptakan pemandangan landscape yang tampak seimbang adalah memutuskan penempatan horizon. Menempatkan horizon di tengah frame akan membagi foto menjadi dua bagian. Trik ini cocok untuk objek yang memberi bayangan,
seperti danau atau kolam, namun bisa agak sulit membuatnya terlihat seimbang. Untuk menanganinya, bayangkan garis bantu 3×3 pada frame (atau aktifkan framing guide pada kamera) dan tempatkan horizon pada salah satu garis bantu. Tempatkan horizon pada
sepertiga atas frame jika foreground menjadi fokus, dan tempatkan di sepertiga bawah frame jika langit yang menjadi fokus utama.

Focal point

Focal point yang tepat menjadi penentu gambar menarik, sehingga penyimak foto juga tidak perlu mencari-cari fokus gambar. Focal point disini bisa jadi apa saja, mulai dari pohon hingga lampu taman. Cobalah menempatkan fokus ini pada titik pertemuan garis bantu 3×3.

Objek foreground

Tanpa foreground, foto anda akan terlihat datar. Menambah hal menarik di bagian bawah frame memberi keseimbangan dan kedalaman gambar. Objek yang dijadikan foreground haruslah menarik.

Garis pandu atau leading line

leading line - komposisi fotografi landscape

Catawba Falls by Todd Wall on 500px.com

Cobalah mengikutkan “leading line” (garis pandu) yang menawarkan ‘jalur’ yang jelas bagi mata anda untuk mengikuti keseluruhan gambar – idealnya dari foreground menuju titik fokus (focal point). Pagar pembatas, sungai, ladang dengan tanaman berbaris, dermaga, bebatuan, hingga dinding dapat dijadikan garis pemandu. Elemen seperti formasi awan, atau arah ombak juga dapat menjadi garis pemandu yang efektif. Kuncinya adalah memastikan elemen ini tidak akan membuat mata menjauh dari titik fokus.

Bagaimana melakukan framing dan mengatasi kendala pada komposisi fotografi landscape?

Teori dasarnya tampak mudah, namun mengaplikasikannya bisa jadi sebuah tantangan. Bagaimanapun, saat memotret foto landscape, kita tidak harus terburu-buru untuk mendapatkan gambar, anda dapat mengambil waktu untuk menemukan pemandangan sempurna, melakukan komposisi akurat dengan bantuan tripod, dan menunggu cahaya yang tepat untuk memotret. Tapi ada beberapa kendala yang biasanya sering dtemui saat melakukan komposisi.

Menyentuh tepi

Jika anda mengkomposisikan terlalu sempit, foto akan terasa dipaksakan masuk ke dalam frame. Pastikan bagian dari pemandangan (scene) tidak sekedar ada dan menyentuh tepi frame. Lebih baik memotret lebih jauh dan lakukan crop setelahnya.

Horizon miring

Horizon yang miring tampak tidak natural, terutama untuk gambar pinggir pantai dimana air laut akan terlihat. Gunakan electronic level pada kamera atau sejajarkan horizon pada titik fokus di viewfinder untuk horizon lurus yang sempurna.

Hotspot

hotspot - komposisi fotografi landscape

Dream woods by James Mills on 500px.com

Ketika anda mengambil foto pepohonan dan hutan, perhatikan ‘hotspot’, dimana langit terlihat ‘mengintip’ dari pepohonan. Mata penyimak foto akan teralihkan ke bagian yang lebih terang, menjauhkannya dari titik fokus, dan mengganggu keseluruhan nuansa gambar.

Gabungan

Mudah berkonsentrasi untuk foreground sempurna, namun jangan melupakan background. Jika anda mendapatkan bagian dari elemen gambar tampak menyatu dengan elemen lainnya, ubahlah posisi anda saat memotret untuk memisahkanya.

Siluet

Landscape yang mengikutkan siluet beresiko besar terlihat menyatu. Lihat pemandangan dengan menutup salah satu mata jika sulit mengidentifikasinya. Jika tidak bisa mengubah posisi memotret, atur level kontras setelahnya.

Berat ke bawah

Dengan langit yang terang, kamera akan memotret under-expose sehingga detail foreground akan hilang dan foto terlihat ‘berat ke bawah’. Gunakan filter graduated ND untuk menggelapkan langit dan komposisi terlihat seimbang.

Lebih kreatif dengan komposisi fotografi landscape

Jika anda selalu menggunakan aturan dasar dan klasik saat melakukan komposisi, foto anda akan terlihat kaku. Kuncinya adalah menyeimbangkan aksi antara konvensional dan eksperimental.

Ubah keseimbangan

extreme composition - komposisi fotografi landscape

Autumn Walk by Daniel Casson on 500px.com

Ada kalanya kita dapat mengubah keseimbangan pada komposisi menjadi lebih ekstrem, bisa jadi salah satu elemen akan mendominasi gambar. Misalnya, memotret langit dengan area yang lebih luas dibandingkan daratan, atau sebaliknya.

Cahaya berbeda

Cahaya yang bagus adalah kunci sukses fotografi landscape, juga berperan pada pengkomposisian gambar. Cahaya matahari yang rendah akan memperlihatkan tekstur. Jangan mengabaikan cahaya yang tampak sedikit, atau cahaya yang justru terlalu terang.

Gunakan ruang

empty space - komposisi fotografi landscape

the Guardian by mauro maione on 500px.com

Kadang-kadang, kekosongan atau justru keseragaman pemandangan dapat memberikan dampak besar, dan membuat foto terlihat menonjol dan berkesan. Dibandingkan mengambil pemandangan yang tampak rumit, cobalah mengabadikan landscape sederhana yang memuat ruang lebih luas.

Cobalah simetris

Menggunakan aturan sepertiga (rule of third) dapat mencegah anda memotret sembarangan, tapi terkadang ketika objek terlihat simetris, anda bisa melanggar aturan tersebut. Jika ingin membuat komposisi simetris, anda harus memperhatikan setiap detail sehingga gambar terasa seimbang dan tidak ada elemen apapun yang membuat gambar terlihat ‘berat sebelah’ dan mengganggu perhatian penyimak foto. Gambar persegi biasanya bagus untuk crop persegi.
Demikianlah langkah – langkah untuk mendapatkan komposisi menarik untuk fotografi landscape.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *