Memahami Elemen Komposisi Fotografi : Layer

Elemen komposisi fotografiPenggunaan garis dan bentuk lainnya adalah dengan mengkomposisikan lapisan pada frame untuk menciptakan kedalaman visual. Contoh penggunaan teknik ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Matahari yang posisinya rendah menciptakan efek backlighting pada daerah perbukitan. Bukit yang letaknya lebih jauh tampak semakin memudar warnanya sehingga terkesan menghilang di kejauhan.
morning dawn by Dominik Hartmann on 500px.com

Elemen komposisi fotografi yang dibentuk dari pola yang berulang

Layering juga tampak pada pola yang berulang, seperti bukit-bukit gandum yang diambil dari tempat yang tinggi. Bukit bergelombang dengan permainan highlight dan shadow menampilkan layering yang unik. Permainan gelap dan terang serta kontras warna memainkan peran dalam komposisi layer.

Elemen Komposisi Fotografi : Layer
Palouse Three Trees by Larry Bull on 500px.com
Elemen Komposisi Fotografi : Layer
Mandalay by Wanasapong Jaiinpol on 500px.com
 
Terkadang kita tidak ingin menonjolkan satu fokus pada foto yang dihasilkan, karena sekelompok subjek mungkin telah menciptakan pola, yang secara keseluruhan menjadi pusat perhatian.

Temukan pola pembentuk layer sebagai elemen komposisi fotografi

Temukan garis, bentuk dan tema-tema yang berulang untuk menciptakan semacam ritme, atau cari tekstur, dan cahaya yang menerpanya akan mempertegas tekstur tersebut. Agar polanya menjadi kuat perhatikan keseimbangan dalam foto tersebut.
Demikianlah pembahasan tentang elemen komposisi fotografi berupa layer yang membuat foto lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *