Memahami Elemen Komposisi Fotografi : Pola (Pattern)

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas garis dan bentuk sebagai elemen komposisi fotografi, sekarang kita akan membahas salah satu elemen lainnya yaitu pola (pattern).

Elemen komposisi fotografi pola (pattern)

Pola adalah elemen grafis yang berulang-ulang tampil dalam frame. Pengulangannya disini bisa berupa pengulangan garis, bentuk, warna atau objek yang dalam pengulangan mungkin secara teratur ataupun tidak teratur (acak).

Elemen Komposisi Fotografi : Pola (Pattern)
Fireworks by Hideaki Yoshida on 500px.com
 
Pola dapat kita jumpai dimana-mana baik yang secara alami ataupun buatan seperti daun, susunan bata, bunga, sawah, gedung-gedung tinggi dan lain-lain. Kadang-kadang objek yang paling sederhana bisa tampil menarik. Bagus tidaknya suatu pola untuk difoto sangatlah subjektif, semuanya tergantung dari kejelian mata kita dan tingkat kreatifitas.
Elemen Komposisi Fotografi : Pola (Pattern)
Fresh lemon by Marco Blasevich on 500px.com

Cara memaksimalkan pola sebagai elemen komposisi fotografi

Bila anda menemukan suatu pola yang menarik ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya terlihat lebih dramatis dalam foto, yaitu sudut pemotretan, seperti contoh foto bunga dahlia diatas dimana kelopak bunga dahlia bisa akan terlihat datar bila dipotret dari samping  dan akan bagus bila dipotret dari atas. Jenis lensa dan jarak pemotretan juga menentukan hasil dramatis dari suatu foto pola, seperti terlihat pada foto fresh lemon ini. Pola yang terlihat pada irisan lemon akan lebih bagus bila dipotret dengan jarak dekat atau dengan menggunakan lensa makro.

Elemen Komposisi Fotografi : Pola (Pattern)
Das Mauerwerk by Stefan Meiler on 500px.com
 

Hal lain yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pola sebagai elemen komposisi fotografi adalah dengan memenuhi seluruh frame dengan pola sehingga tidak ada elemen lain yang mengganggu mata melihat foto kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *