Mengenal Teknik Fill-in Flash Pada Fotografi

Saat menggunakan flash, cahaya flash tidak harus selalu menjadi sumber cahaya utama untuk exposure. ‘Fill-in’ atau ‘fill flash’ adalah teknik dimana cahaya flash dilepaskan untuk mendukung cahaya yang ada, biasanya untuk membuat area bayangan gelap di luar ruangan atau saat matahari terik, menjadi lebih terang. Biasanya kita menganggap flash digunakan hanya pada kondisi kurang cahaya, namun sebenarnya flash adalah alat bantu yang berguna dalam berbagai situasi, misalnya untuk menghilangkan bayangan gelap dalam kondisi cahaya yang sangat terang, untuk mengurangi kontras dan mencerahkan gambar yang kusam.
 
Fill-in flash adalah teknik flash yang paling penting untuk dikenal, membuat foto lebih hidup namun tetap terlihat natural. Fill-in flash populer diantara fotografer portrait yang bekerja di luar ruangan terutama saat matahari tepat di atas kepala, yang akan memberikan bayangan di bawah hidung, mulut dan kantung mata model. Tak hanya itu, fill-in flash juga berguna disituasi apapun dimana bayangan menutupi detail subjek, atau saat background jauh lebih terang daripada foreground. Menggunakan fill-in flash tidak mengubah setting exposure yang sudah ditentukan. Aperture dan shutter speed diatur untuk mengekspos background dengan benar, sementara flash digunakan untuk menerangi subjek di bagian depan.

before and after fill-in flash
Untuk membantu anda menentukan apakah perlu melakukan fill-in flash atau tidak, tanyakan pada diri anda sendiri, apakah subjek tertutup bayangan, atau apakah ada lebih banyak cahaya di belakang subjek daripada di depannya? Jika jawaban salah satu dari pertanyaan tersebut adalah ya, maka anda perlu mempertimbangkan apakah anda merasa cukup dekat dengan subjek agar penggunaan cahaya flash efektif. Jika anda cukup berada dekat subjek, maka pasanglah speedlight eksternal atau flash built-in yang ada dikamera. Fill-in flash terlihat natural jika outputnya kurang lebih 1 stop lebih gelap dari cahaya yang ada. Jika rasio flash dan cahaya yang ada terlalu mirip, atau jika flash mulai terlihat lebih terang dari cahaya yang ada, keseluruhan balance-nya akan terlihat salah dan menggagalkan tujuan semula penggunaan flash.Dengan mengatur setting ‘exposure flash compensation’ ke kiri (-) atau ke kanan (+) pada kamera anda dapat mengurangi atau menambah lepasan cahaya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *