Menggunakan Fitur In-Camera HDR Untuk Membuat Foto HDR

Beberapa kamera terbaru sekarang sudah dilengkapi dengan fitur built-in HDR untuk menggabungkan foto dengan 3 exposure. Ini memungkinkan anda untuk mengerjakan bermacam variasi kontras tinggi secara langsung dengan memperluas dynamic range di kamera, yang berarti anda dapat merekam detail highlight dan shadow.

fitur in-camera HDR

Cara mengganakan fitur in-camera HDR

Mode HDR mengambil tiga exposure gambar secara bracketing. Yang anda lakukan hanya menekan shutter dan kamera secara kontinyu mengambil 3 frame sekaligus. Tidak perlu menahan lama tombol shutter atau menggunakan modus Drive. Lalu, kamera akan menggabungkan frame dan menghasilkan foto HDR yang langsung jadi.

Anda jangan berharap hasil foto mode in-camera HDR ini akan sama dengan foto HDR yang diolah di software pengolah HDR, tapi ini adalah salah satu fitur yang berguna. Anda dapat memilih perbedaan stop antara 3 frame, dan memilih 5 efek berbeda yang tersedia dalam fitur in-camera HDR.
Frame original dapat di shot dengan format Raw (atau Jpeg pada beberapa DSLR seperti Canon 70D), tapi foto HDR yang dihasilkannya berupa Jpeg. Anda dapat menyimpan file originalnya (kecuali pada Canon 70D), sehingga bila anda tidak suka dengan hasilnya, anda dapat memprosesnya nanti dengan software pengolah HDR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *