Retouch Foto Portrait Di Lightroom 6

Trik retouch foto portrait seperti memperputih bola mata atau memperhalus kulit adalah trik yang biasa dilakukan dengan Photoshop, namun tidak jika menggunakan Lightroom. Lightroom biasa dikenal untuk pengolahan dasar saja, tidak untuk manipulasi. Padahal, kita bisa melakukan pengolahan yang lebih luas pada tonal dan warna, dan bahkan menghilangkan bintik-bintik pengganggu. Lightroom dilengkapi seperangkat tools yang dapat digunakan untuk memperhalus kulit objek foto dengan cepat.

Retouch foto portrait di lightroom 6 - before

Dalam bahasan kali ini, anda akan dipandu untuk menggunakan filter reduksi noise dan Selective Adjustment Brush untuk memperhalus kulit. Perangkat ini juga dapat digunakan untuk memutihkan bola mata, membuang noda, mempertajam area tertentu pada foto. Artinya, foto portrait anda akan semakin ciamik.

Retouch Foto Portrait Di Lightroom 6 – Setting white balance

Retouch foto portrait di lightroom 6 - white balance setting

Sebelum mengatur pengolahan pada foto, sangat penting untuk memastikan warna dan tonalnya pada posisi yang pas. Buka foto portrait dalam Develop Module di bawah tab Basic, pilih White Balance Selector. Tarik ikon ke foto dan anda akan melihat preview piksel foto dari area foto yang ditunjuk. Klik pipet pada bola mata untuk mengecek tonal, lalu gunakan slider Temperature and Tint untuk mengatur preferensi warna.

Retouch Foto Portrait Di Lightroom 6 – Memutihkan bola mata

Retouch foto portrait di lightroom 6 - memutihkan bola mata

Lightroom menyediakan Red Eye Removal Tool, tapi bukan tool pemutih mata. Untuk memutihkanya, pilih Radial Filter dan pulas di area mata. Kemudian, di bagian bawah Options, klik Invert Mask agar filter dapat diterapkan pada mata. Gunakan menu anchor points untuk mengubah ukuran dan merotasi seleksi yang menaungi mata. Kini, anda bisa menggunakan menu Temperature and Tint untuk mengelola warna, dan naikkan angka slider Clarity untuk memacu kontras.

Retouch Foto Portrait Di Lightroom 6 – Menghilangkan noda dengan spot removal

Retouch foto portrait di lightroom 6 - menghilangkan noda

Spot Removal Tool sangat praktis untuk membuang noda dan hal yang tidak diinginkan pada foto. Model ini memiliki sedikit “tanda” di telinganya saat anting-antingnya tidak dipakai. Untuk membuang tanda tersebut, pilih Spot Removal Tool dan atur ukuran kuas, lalu klik pada area yang perlu dihilangkan. Gerakkan lingkaran pointer kloning ke area yang bersih dari noda dan aturlah setting-nya. Dengan meningkatkan nilai Feature akan membantu memperhalus transisi antara dua area lingkaran tersebut.

Retouch Foto Portrait Di Lightroom 6 – Memperhalus kulit dengan adjusment brush

Retouch foto portrait di lightroom 6 - memperhalus kulit

Sebagai fotgrafer, kita kadang takjub dengan resolusi tinggi dan detail yang berhasil direkam kamera. Namun, kualitas detail bagus ini kadang malah tidak disukai oleh para model, karena detail wajah dapat terlihat dengan jelas. Untuk meredam noda atau bintik wajah sebenarnya dapat diatasi dengan cepat menggunakan Spot Removal Tool, namun pengolahan yang lebih maksimal seringkali dibutuhkan.

Untuk foto portrait ini, dilakukan beberapa tahapan untuk memperhalus kulit menggunakan Selective Adjustment Brush. Buka bagian menu Detail, set Sharpness ke angka -100 dan Noise Reduction ke angka 70, lalu pulas area kulit yang hendak dihaluskan. Nilai ini dapat ditentukan sendiri, tergantung tingkat kehalusan yang dibutuhkan oleh sang fotografer.

Retouch Foto Portrait Di Lightroom 6 – Mempertajam mata dan bibir

Retouch foto portrait di lightroom 6 - mempertajam mulut dan bibir

Jika ingin mempertajam bentuk wajah, seperti mata dan bibir, gunakan Selective Adjustment Brush, lalu ubah ukurannya. Pulas sekitar mata dan mulut. Perbesar area gambar dan lakukan pengaturan dengan menu Sharpness, dan kemudian gunakan Clarity. Lakukan dengan cermat agar tidak terlalu berlebihan.

Retouch Foto Portrait Di Lightroom 6 – Adjusment brush untuk highlight rambut

Retouch foto portrait di lightroom 6 - highlight rambut

Foto ini mendapat sedikit pencahayaan berlebih pada rambutnya. Cahaya ini bisa membantu outline dari kepala lebih jelas, namun detail pada rambut (terutama bayangannya) menjadi hilang. Pilihlah Adjustment Brush dan kurangi nilai pada slider Shadows and Blacks dan naikkan angka pada slider Highlights and Whites. Pulas pointer pada rambut untuk mengeluarkan detail. Naikkan angka slider Clarity and Sharpness untuk menambah detail dan highlight.

Retouch foto portrait di lightroom 6 - after
Retouch foto portrait di lightroom 6 – after

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *