Tips Cara Memegang Kamera (Grip) Dengan Benar

Mengatasi kamera shake pada pemotretan handheld tidak cukup hanya dengan mengatur shutter speed, tetapi juga dengan cara memegang kamera (grip).
cara memegang kamera dengan benar
  1. Atur posisi berdiri atau berlutut yang cukup stabil. Apabila anda belajar beladiri atau menembak, akan sangat membantu jika anda terapkan teori kuda-kuda.
  2. Mamfaatkan objek di sekitar anda untuk menambah stabilitas. Tempelkan badan atau kaki anda ke dinding atau pohon untuk memperkuat kuda-kuda.
  3. Gunakan tangan kiri untuk menahan berat kamera, posisikan siku dan lengan menempel dengan badan. Gunakan tangan kanan untuk memegang grip kamera (sebelah kanan), dan tarik sedekat mungkin ke badan.
  4. Tempelkan view finder ke mata, sampai kamera menempel ke muka. Kalau anda menggunakan live-view, letakkan kamera sedekat mungkin.
  5. Lakukan ‘timing’ untuk menekan tomobol shutter (klik). Bernafaslah pelan-pelan, tarik nafas, kemudian buang setengah nafas, tahan sebentar, dan ‘klik’.
  6. Untuk menekan tombol shutter, lakukan dengan gerakan memeras (squeeze) dan lakukan dengan lembut. Gerakan yang tiba-tiba bisa menimbulkan shake.

Teknik ini sepertinya cukup panjang kalau ditulis. Tetapi dengan banyak berlatih, anda akan segera terbiasa dan bisa melakukan secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *