Tips Fotografi Malam (Night Photography)

Tips Fotografi Malam (Night Photography)
Pemandangan urban atau langit kota memiliki kualitas istimewa bila difoto dimalam hari. Cahaya jalan membantu memperkuat desain dan bentuk suatu bangunan dan jika dikombinasikan dengan cahaya natural yang sedikit tersisa dapat menghasilkan gambar yang memberi kesan kuat. Waktu yang terbaik untuk memotret cityscape dengan sedikit cahaya adalah pada jam-jam diantara matahari terbenam dan sebelum malam tiba (blue hour), dimana warna langit yang hangat akan membantu memperkuat garis-garis objek. Meskipun foto tipe ‘senja’ ini dapat sangat efektif, namun jika exposure yang digunakan salah, hasilnya dapat sangat mengecewakan. Berikut tips dalam mengambil gambar dimalam hari :
1. Gunakan tripod yang berat dan stabil.
Pada saat mengambil gambar pada malam hari, exposure yang lama memberikan tantangan pada fotografer. Shutter speed mungkin sampai 30 detik atau lebih karena itu tripod yang berat sangat penting untuk menjaga agar kamera tidak bergerak selama exposure.
2. Matikan Mirror Lockup pada kamera.
tips fotografi malam (night photography)
3. Gunakan kabel release atau self timer kamera, karena jika tombol shutter ditekan dengan menggunakan jari, kamera akan sedikit bergoyang dan itu akan berpengaruh pada foto.
4. Pada kota-kota yang sibuk, biasanya didalam foto akan ada pergerakan kendaraan atau orang. Karena lamanya shutter speed yang digunakan, gerakan ini akan berbayang dan menghasilkan efek yang menarik, misalnya jejak cahaya yang ditinggal lampu depan dan belakang mobil.
Tips Fotografi Malam (Night Photography), light trail
London trails by Filip Cerimanovic on 500px.com
 
5. Untuk dapat mengukur exposure dengan tepat maka gunakan spot metering.
6. Saat mengambil foto dengan cahaya ekstrim ada baiknya melakukan auto bracketing untuk mendapatkan gambar dengan exposure yang berbeda.
7. Terakhir, ingatlah bahwa exposure yang lama akan meningkatkan efek noise pada foto, jadi nyalakanlah fitur long exposure noise reduction pada kamera. 
long exposure noise reduction
Fitur long exposure noise reduction

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *