Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata

Sebuah foto umumnya terdiri dari objek utama dan juga elemen pelengkap yang tampil dalam bidang gambar. Penempatan yang baik akan mempermudah dan memeperkuat penyampaian pesan. Di sisi lain, tata letak yang tidak tepat akan menimbulkan keruwetan, menjadikan foto membosankan, janggal dan tidak menarik, bahkan mungkin juga memunculkan salah paham. Dalam teknik komposisi fotografi dikenal ada beberapa acuan pengaturan tata letak objek dan elemen foto.
Berikut adalah tips komposisi bagaimana mengatur tata letak agar foto tidak membosankan :

1. Rule of thirds

Penempatan objek di tengah gambar seringkali menimbulkan ketegangan antar elemen foto, kesan yang muncul adalah saling tarik menarik dan berebut perhatian. Salah satu cara untuk mengatasi kesan yang kurang harmonis ini adalah dengan menerapkan rule of thirds.

Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata, rule of third
Dream by Joshua Zhang on 500px.com

Rule of thirds adalah kaidah umum yang sederhana namun efektif dalam komposisi visual, dengan memetakan gambar menjadi bagian per tigaan. Kaidah ini diterapkan dalam banyak hal, mulai dari lukisan, fotografi, desain, bahkan viedo. Secara psikologis, pembagian per tigaan akan menjadikan sebagian area terlihat dominan, sebagian lagi sebagai pelengkap serta mencegahnya tarik menarik dan ketagangan antar elemen dalam foto.

2. Golden ratio

Rule of thirds yang dibahas sebelumnya sebenarnya merupakan penyederhaan dari golden ratio. Salah satu penerapan golden ratio adalah dengan menggunakan golden spiral atau disebut juga dengan golden rectangle. Pada contoh di bawah ditampilkan objek dengan pengaturan komposisi mengikuti golden spiral dengan orientasi lanscape. Alur pusaran kelopak bunga mawar dimamfaatkan untuk memandu arah aliran perhatian pemirsa mengikuti keseluruhan gambar. (Selengkapnya akan dibahas pada artikel selanjutnya).

Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata, golden ratio
  Ratio Rose by Mark Weich on 500px.com

 

3. Golden triangle

Objek dengan arah tegak atau mendatar sering memberikan kesan kaku atau formal. Untuk kesan yang lebih dinamis, anda bisa menerapkan arah diagonal mengacu pada golden triangle. Tapi mohon diingat bahwa tidak semua skenario sesuai untuk pola ini, misalkan foto portrait close-up.

Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata, golden triangle
Tiny Tiny Spider by Frederic Gombert on 500px.com
Pada contoh di atas, batang bunga diletakkan mendekati arah diagonal bidang foto, dengan bagian bunga berada di sekitar titik perpotongan segitiga. Foto ini memberi kesan seperti tertiup angin, lebih dinamis jika dibandingkan bunga pada posisi tegak.

4. Simetris

Penggunaan simetri bisa memberi kesan stabil, kokoh, seimbang, sehingga sesuai untuk foto aristektur. Walaupun begitu, sebaiknya tetap usahakan agar tetap ada arah yang diatur asimetris.

Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata, simetris
Renaissance Center, Detroit, Michigan by Steven Wosina

 

5. Menjaga keseimbangan

Penggunaan komposisi asimetris terkadang menjadikan gambar seperti ada yang kurang, yaitu kurang adanya elemen pendukung yang memberikan keseimbangan pada foto. Kondisi serupa bahkan terjadi pada komposisi simetris.

Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata
Cat Twin Brothers by Piotr Szczepankiewicz on 500px.com
Untuk semakin memaksimalkan komposisi, anda bisa meletakkan objek atau elemen pelengkap pada sisi yang berlawanan untuk memberikan kesan keseimbangan pada foto. Pilihlah objek yang tidak terlalu mencolok sehingga tidak akan mengambil alih perhatian pemirsa dari POI.

6. Ruang kosong dan arah hadap

Sebuah foto tidak harus penuh berisi POI dan elemen pelangkap, seringkali dibutuhkan adanya area yang tidak berisi objek. Ruang kosong (atau disebut juga negative space) pada foto bisa digunakan untuk menggambarkan arah gerakan, atau menyediakan ruang imajinasi bagi pengamat.

Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata, negative space
Joker by Monika Leirich on 500px.com
Ruang kosong sangat erat dengan arah hadap. Pada umumnya peletakan ruang kosong berada di arah hadap subjek. Sebagai contoh, apabila seseorang yang anda foto menghadap ke kiri, maka sisakan ruang di sebelah kiri. Dengan demikian gambar akan memiliki cukup ruangan dan terhindar dari kesan ‘menabrak’ frame.

7. Alur, arah dan relasi antar objek

Pesan yang ditampilkan oleh foto dengan beberapa objek akan dipengaruhi juga oleh arah masing-masing elemen, yang kemudian menentukan bagaimana alur pandang pemirsa pada foto tersebut. Alur ini menentukan bagaimana foto bercerita, hubungan antar elemen, dan akhirnya membentuk persepsi pemirsa terhadap pesan dari foto.

Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata
The StreetBbelongs To Football, Kolkata by Anjan Roy on 500px.com

 

8. Rule of odds (jumlah ganjil)

Contoh di bawah menggunakan rule of odds, dengan 3 bebatuan yang dipilih sebagai objek. Komposisi yang dihasilkan akan lemah jika objek yang dipilih adalah 2 batu atau 4 batu.
Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata
Rule of Odds by Bruce Calder on 500px.com

9. Pola segitiga

Pola-pola berbentuk segitiga pada fotografi secara estetika terlihat lebih menarik jika dibandingkan dengan pola berbentuk datar ataupun persegi empat.
Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata
Clickers or Posers….? by Ravikant Kurma on 500px.com

10. Repetisi

Perulangan dalam kehidupan sehari-hari bisa menimbulkan kebosanan. Akan tetapi dalam fotografi, perulangan yang dipotret dengan komposisi yang tepat akan menarik perhatian pemirsa dan memberikan kesan keteraturan, ukuran, dan atau jumlah yang masif.

Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata, repetisi

Pattern Night Market by Nerenrit Tipcharoen on 500px.com

Teknik penting saat memotret dengan kompsisi berulang adalah pengaturan zoom atau focal length lensa. Focal length yang berbeda memberikan efek distorsi.

11. Memecah pola

Melanjutkan bagian sebelumnya mengenai perulangan, ada teknik lanjutan yang sering diterpakan untuk menghasilkan komposisi yang lebih menarik. Yang perlu anda lakukan adalah ‘merusak’ pola dengan menampilkan unsur yang berbeda.

Tips Komposisi Foto Agar Lebih Enak Di Mata

Rules Are Made To Be Broken by Michael Gollotti on 500px.com

Gunakan unsur yang mengikuti perulangan pattern, tetapi memiliki karakter yang membuatnya terlihat mencolok lain dari yang lain. Sebagai contoh, bisa dengan memamfaatkan warna yang berbeda sebagai pemecah pattern. Atur komposisi sebaik mungkin, seperti dengan meletakkan elemen pemecah tersebut pada salah titik rule of third.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *