Tips Komposisi Sederhana Agar Foto Lebih Menarik

Setelah sebelumnya kita telah membahas elemen – elemen pembentuk komposisi seperti garis, bentuk (shape), pola (pattern), framing, dan layer, serta tips – tips komposisi agar menghasilkan foto yang maksimal. Maka, pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang komposisi simflikasi atau penyederhanaan. Teknik dasar komposisi ini merupakan salah satu kunci penting untuk menghasilkan foto yang menarik. Komposisi visual yang lebih sederhana akan lebih mudah untuk ditangkap oleh pemirsa, semakin mudah dinikmati, dan semakin mudah juga untuk menyampaikan pesan.
Berikut adalah tips-tips untuk menyederhanakan foto anda, antara lain yaitu :

1. Konsep point of interest (POI)

Sebuah foto akan lebih menarik jika memiliki sebuah ide utama atau point of interest, umumnya berupa objek tertentu, sehingga perhatian pemirsa akan tertarik ke arah tersebut. Tanpa objek utama sebagai POI, foto akan sulit untuk dicerna, dan justru seringkali menjadi teka-teki bagi pemirsanya. Sebuah foto sebaiknya memiliki satu point of interest. Kehadiran elemen lain lebih sesuai digunakan sebagai faktor pelengkap yang tidak mencuri perhatian pemirsa dari objek utama. Sebagai catatan, istilah objek umum digunakan sebagai kata ganti untuk berbagai benda atau hal yang dipotret. Sedangkan subjek khusus digunakan untuk manusia, seperti pada portrait, human interest dan sebagainya.
Tips Komposisi Sederhana Agar Foto Lebih Menarik, POI
at mathura by ravikanth kurma on 500px.com

2. Isolasi dengan sudut pandang

Dalam menyederhanakan foto, anda perlu mengurangi, memisahkan atau bahkan menghilangkan elemen lain dari foto untuk menonjolkan objek utama (POI). Istilah yang sering digunakan untuk teknik memisahkan POI dari elemen lain adalah isolasi.

tips komposisi sederhana
Ada banyak metode untuk melakukan isolasi POI, cara termudah adalah dengan menggeser arah sudut pandang dan atau lokasi pemotretan. Pergeseran ini bisa anda gunakan untuk menghasilkan background yang berbeda.

3. Isolasi dengan crop

Sederhana sekali, pada teknik ini anda memaksimalkan ukuran tampilan objek, dengan tidak menyertakan elemen yang tidak perlu di sekitarnya. Sebagai hasilnya akan diperoleh foto yang lebih jelas dengan kesan terlihat penuh. Penggunaan cropping memungkinkan anda untuk menampilkan lebih banyak detail pixel dari POI.

Tips Komposisi Sederhana Agar Foto Lebih Menarik
Whant Some Cake by Memw on 500px.com

4. Isolasi lebar sudut : mundur dan zoom 

Mungkin banyak penggemar fotografi yang belum sempat menggunakan teknik ini. Lebar pandangan lensa atau field of view bisa diterapkan untuk melakukan isolasi. yang diperlukan adalah mundur beberapa langkah dari posisi objek pemotretan dan zoom lensa dengan focal length ang lebih panjang.
Tips Komposisi Sederhana Agar Foto Lebih Menarik
Hasil dengan 18mm terlihat banyak daun pada background
Hasil dengan 200mm setelah mundur dan melakukan zooming

5. Isolasi dengan warna (tone)

Cara menerapkan isolasi dengan warna sangat sederhana, point of interest sebagai objek utama ditampilkan dengan warna yang menonjol, sementara elemen pendukung ditampilkan dengan warna yang lebih tenang.

Tips Komposisi Sederhana Agar Foto Lebih Menarik
The Dragon by Fernando Monteiro on 500px.com

6. Isolasi dengan pengaturan cahaya

Dengan mengatur arah pencahayaan, anda dapat mengatur apa saja yang akan terlihat pada foto, dan apa saja yang tidak

.

Tips Komposisi Sederhana Agar Foto Lebih Menarik
Daisy With A View by Angela W on 500px.com

7. Separasi dengan exposure

Pada teknik ini kita menggunakan exposure untuk memisahkan POI dari elemen pelengkap. Anda bisa mengatur atau memilih skenario dengan elemen pelengkap yang terlihat lebih terang, ataupun juga lebih gelap.

Tips Komposisi Sederhana Agar Foto Lebih Menarik
Sitting by Usedshoe on 500px.com

8. Separasi dengan rimlight

Isolasi menjadi sulit dilakukan saat objek foto memiliki warna dan tingkat terang yang sama dengan latar belakang. Efeknya adalah POI akan terlihat menempel ke latar, sehingga tidak muncul dimensi ataupun bentuk objek. Teknik rimlight (baca juga mengenal arah cahaya dalam fotografi) bisa diterapkan pada foto indoor di studio maupun outdoor dengan mengatur arah pencahayaan terhadap objek, sehingga diperoleh pencahayaan yang menerangi sisi tepi objek. Pencahayaan ini biasanya memiliki dari arah belakang-atas dan menyamping. Penerapan rimlight akan memunculkan area terang di sisi tepi subjek yang menjadi pemisah dari latar.

Tips Komposisi Sederhana Agar Foto Lebih Menarik, rim light
Portrait of Low Key by Laurent Basse on 500px.com

9. Selective focusing

Komposisi dengan selective focusing dilakukan dengan membuat background tampak kabur atau blur. Kondisi blur atau kabur pada bagian yang tidak fokus disebut dengan bokeh. Pada teknik ini, anda mengatur pemotretan agar memiliki DoF yang sangat tipis, dan melakukan fokus pada objek utama.

Tips Komposisi Sederhana Agar Foto Lebih Menarik
Blue-eyed Fawn in The Spring Grass by Nathalie Greenwood on 500px.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *