Tips Komposisi Warna Dalam Fotografi

Warna adalah salah satu elemen yang paling kentara dalam fotografi. Penggunaan yang tepat akan menarik perhatian pemirsa, sekaligus menyampaikan perasaan dan mood tertentu. Sebagai contoh, kesan hangat dari warna foto saat tenggelamnya matahari, atau kesan menenangkan dari warna biru laut.

Warna unsur penyusun komposisi

Warna merupakan bagian penting dalam penyusunan komposisi foto. Karakter warna dari setiap objek akan menentukan hubungan antar elemen dalam sebuah foto, dan pada akhirnya mempengaruhi pesan yang disampaikan.

1. Warna untuk menarik perhatian

Metode untuk menggunakan warna sebagai penarik perhatian umumnya sangat sederhana. Yang diperlukan adalah penerapan warna yang kuat dan tersaturasi pada objek yang ditujukan untuk memperoleh perhatian yang lebih dari pemirsa.
Tips Komposisi Warna Dalam Fotografi

INTENSIDAD by Jose Maria Luis Marquez on 500px.com

2. Warna untuk mood

Penggunaan warna untuk memberikan mood terhadap foto biasanya tidak mencolok seperti penerapan warna untuk menarik perhatian, tapi bukan berarti teknik ini memiliki pengaruh yang lemah. Sebagai contoh adalah warna khas pemandangan saat matahari tenggelam akan memberikan perasaan atau mood yang menenangkan dan damai. Anda bisa menerapkan warna pada foto untuk menggugah perasaan tertentu pada pemirsa.
Tips Komposisi Warna Dalam Fotografi

Looks Like The Lamp by Yasuhiro BB on 500px.com
Warna hijau pada rumput memberi kesan segar, alami dan hidup

Tips Komposisi Warna Dalam Fotografi

Black Stone by Robert Postma on 500px.com

3. Penerapan komplemen warna

Esensi Warna Dalam Fotografi
Setiap warna memiliki pasangan yang akan sangat tepat jika dipadu-padankan dalam komposisi. Salah satu acuan untuk memahami penerapan pasangan warna ini adalah dengan mmenggunakan roda warna. Warna yang berseberangan pada color wheel disebut sebagai warna komplemen atau pelengkap (complementary color). Penggunaan warna komplemen akan memberikan komposisi warna yang berkesan saling melengkapi. Contohnya adalah foto sunset yang sering menggabungkan warna biru dengan komplemennya oranye.
Tips Komposisi Warna Dalam Fotografi

Wild Flower by Anna Michels on 500px.com

Tips Komposisi Warna Dalam Fotografi

South Beach, British Columbia by Robert Postm on 500px.com

4. Penggunaan hitam putih

Fotografi B/W (black and white) atau juga terkadang disebut grayscale menghilangkan warna pada foto hingga menyisakan hitam dan putih. Tidak ada warna untuk membentuk mood maupun sebagai alat penarik perhatian pemirsa. Sebagai efeknya, keberhasilan komposisi foto B/W sepenuhnya tergantung pada pola dan bentuk objek.
Tips Komposisi Warna Dalam Fotografi

Achala by Gianstefano Fontana Vaprio on 500px.com

Penggunaan warna B/W umumnya ditujukan untuk menyederhanakan foto sehingga diperoleh kesan yang maksimal dari bentuk dan momen yang ditangkap.
Demikianlah tips-tips untuk memadukan warna pada foto sehingga diperoleh komposisi yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *