Tips Membuat Foto Malam Halus Meski Menggunakan Long Exposure

Dikamera Digital saat ini, fitur long exposure noise reduction sudah lumrah. Termasuk kamera-kamera mirrorless. Sesuai namanya, fungsi ini berguna untuk mencegah munculnya noise. Terkadang, kemunculannya bukan karena penggunaan ISO tinggi saja, namun karena menggunakan exposure panjang. Misalnya saat memotret dimalam hari. Untuk menghindari noise, biasanya digunakan ISO rendah, sebagai konsekuensinya, digunakan shutter speed yang sangat lambat dan tripod untuk mencegah guncangan. Namun, exposure panjang dengan sensivitas rendah itu bukan berarti bisa menghindari noise yang lain.
Menggunakan Long Exposure
My first milky way by Jiri Stelk on 1x.com
 
Noise bisa muncul ketika sensor merekam dalam waktu yang lama sehingga menjadi lebih panas. Apalagi jika ISO yang digunakan tinggi, seperti pada fotografi astronomi, maka noise akan lebih banyak muncul. Untuk mengurangi kemunculan noise akibat long exposure, anda bisa mengaktifkan fitur long exposure noise reduction.

Cara setting noise reduction foto malam (night photography):

1. shutter speed lambat

Untuk memotret malam atau bintang, biasanya digunakan exposure panjang. Menggunakan mode manual dimana umumnya pengaturan shutter speed mengaktifkan opsi Bulb agar dapat di-set panjang.
mode bulb

2. Peredam noise

Aktifkan long exposure noise reduction didalam menu. Biasanya ada opsi On/Off. Kamera juga biasanya menyediakan opsi untuk mengatur tingkat reduksi noise yang dilakukan.
long exposure noise reduction

3. Rekam panjang

Ketika memotret dengan exposure panjang, maka pemotretan akan menjadi lebih lama. Karena setelah pemotretan selesai dilakukan, akan dilakukan dengan proses reduksi noise yang lamanya biasanya sama dengan panjang exposure.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *