Tips Memotret Panning

Teknik panning digunakan untuk menangkap foto dari subjek yang bergerak dengan sedemikian rupa, sehingga subjek tersebut tampak diam dengan background dan objek lain terlihat bergerak. Sebagai catatan, anda bisa memotret langsung secara handheld, atau juga menggunakan monopod atau tripod dengan arah rotasi horizontal.
Tips Memotret Panning
Quadruple by Vikramaditya Rai on 500px.com

Langkah kerjanya adalah sebagai berikut:

  1. Setting kamera pada mode shutter priority (S/Tv) atau manual (M).
  2. Anda bisa menggunakan mode focusing AF-C/Servo agar kamera melakukan focusing terus menerus. Anda juga bisa menggunakan mode AF-S/One-shot jika jarak focusing cukup jauh dan aperture yang digunakan agak sempit.
  3. Atur shutter mode menggunakan mode continuous, burst atau multiple.
  4. Mulai dengan nilai ISO terendah, misalnya 100 atau 200 sesuai spesifikasi kamera.
  5. Gunakan speed menengah (mulai dari 1/50 detik). Selanjutnya lakukan metering untuk mendapattkan exposure yang tepat.
  6. Lakukan awalan dengan mengikuti pergerakan objek sambil setengah menekan shutter untuk focusing. Awalan ini sangat berguna agar kecepatan putar anda mendekati kecepatan pergerakan objek.
  7. Pada saat yang tepat, tekan shutter dan kamera mengambil beberepa foto sekaligus. Ulangi hingga diperoleh hasil yang diharapkan.

Sebagai catatan, selain memperhatikan kondisi teknis juga jangan melupakan faktor keamanan. Hindari berdiri terlalu dekat dengan objek ataupun jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *