Tips Penggunaan Reflektor Fotografi

reflektor fotografi
Reflektor memiliki berbagai variasi warna (putih, hitam, perak, emas dll), dan kalau anda bertanya-tanya warna apa fungsinya untuk apa, inilah dia:
  • Warna perak memantulkan sebagian besar cahaya, dan tidak mengubah warna lampu studio yang mengenainya. Itu sebabnya banyak fotografer portrait profesional menggunakan reflektor perak.
  • Reflektor putih tidak memantulkan banyak cahaya, tapi masih bisa digunakan untuk foto portrait, dan bisa dipakai baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Reflektor putih juga pilihan yang bagus jika anda melakukan pemotretan produk.
  • Reflektor emas digunakan untuk portrait di luar ruangan untuk menyesuaikan warna hangat matahari. Reflektor emas tidak terlalu bagus untuk di dalam studio, karena saat cahaya putih dari strobe anda mengenai reflektor emas, warnanya akan menjadi sangat kuning (sehingga satu sisi wajah subjek anda akan tampak putih studio (studio white), sedangkan sisi bayangannya akan terlalu kuning.
  • Reflektor hitam biasanya menyerap cahaya, jadi dia digunakan untuk menghilangkan pemantulan saat anda memotret apapun yang besifat memantulkan cahaya, misalnya kaca atau perhiasan, atau barang pecah belah atau barang apapun yang bening. 
Warna reflektor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *