Tips Perangkat Yang Diperlukan Untuk Memotret Di Malam Hari (Low Light)

Anda dapat memotret di malam hari (night photography) dengan kamera apa saja, meskipun hasil terbaik bisa anda dapatkan dengan kamera DLSR. Ketika masuk ke dalam pilihan lensa, lensa yang lebih cepat (misalnya memiliki aperture maksimum lebih besar) maka semakin baik. Lensa dengan aperture lebar akan memberikan foto yang terang melalui viewfinder, dan memungkinkan anda mempercepat shutter speed ketika cahaya mulai menurun. Ingin memotret low light berkualitas? Ini adalah perangkat yang anda butuhkan.

1. Tripod

Anda butuh dukungan tirpod saat memotret dengan long exposure. Pilihlah tripod yang kokoh. Kaki tripod yang dapat dilipat dan dimasukkan ke dalam pipa akan mempermudah anda menyimpan dan membawa tripod saat bepergian.
tips perangkat yang diperlukan untuk memotret malam hari (low light)

2. Lens hood

Lens hood tidak hanya berguna pada siang hari. Lampu dari jalanan, mobil melintas, atau senter akan membuat flare yang mengurangi kontras. Pasang lens hood pada lensa untuk mencegah cahaya yang tidak diinginkan tertangkap kamera.

3. Baterai cadangan

Jaga kamera agar tetap bekerja saat suhu menurun. Cuaca yang dingin akan capat menguras daya baterai bahkan saat sedang tidak digunakan. Isi ulang baterai sebelum berangkat dan siapkan baterai cadangan denga menyimpannya di tempat yang hangat.

4. Kartu memori

Anda akan terkejut bagaimana foto low light menghabiskan kartu memori, terutama saat anda melakukan uji coba saat membuat foto kreatif atau menangkap warna dari cahaya sunset dan sunrise. bawalah kartu memori sebanyak mungkin untuk berjaga-jaga.

5. Flashgun

Flashgun eksternal akan menambahkan dimensi pada foto low light, terutama ketika dipakai terpisah dari kamera (baca juga Teknik Off Camera Flash). Gunakan flash dan atur exposure lambat untuk memastikan detail background tertangkap oleh kamera.

tips perangkat yang diperlukan untuk memotret malam hari (low light)

Lanyon Qouit by Sus Bagaerts on 1x.com

6. Senter

Senter tidak begitu mahal tapi sangat berguna saat anda memotret di kegelapan malam hari. Juga memungkinkan anda melihat pengaturan pada body kamera tanpa harus melihat pada display, lumayan ampuh untuk menghemat baterai kamera. 
tips perangkat yang diperlukan untuk memotret malam hari (low light)
Senter bisa juga digunakan pada saat anda ingin memotret dengan “melukis dengan cahaya” sehingga diperoleh foto malam hari yang dramatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *