Travel Photography: Piranti Untuk Travel Fotografer

Piranti untuk travel fotografer – Kamera dan lensa tentu saja belum cukup, masih ada beberapa piranti tambahan yang perlu anda bawa untuk mendukung foto travelling anda. Berikut ini beberapa piranti tambahan utama sebagai acuan.

Piranti untuk travel fotografer

Piranti Untuk Travel Fotografer – Tas kamera

Kamera dan lensa berisi banyak mekanisme yang disusun dengan presisi, material kaca lensa, dan chip elektronik yang sangat sensitif. Setangguh apapun desainnya, kamera tetap memerlukan perlindungan berupa bantalan-bantalan dan pembungkus yang rapat untuk menghindari benturan dan masuknya uap air, debu, atau partikel lain.

Pilihlah tas yang sesuai dengan peralatan dan kondisi perjalanan anda. Tas backpack sesuai jika anda harus membawa banyak peralatan dan memiliki waktu yang cukup untuk membongkar muatan tas. Tas selempang (sidepack) lebih sesuai jika anda membawa peralatan yang cukup ringan dan memerlukan kecepatan untuk memotret.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Lens protector atau filter UV

Selama travelling, lensa kamera anda akan berhadapan dengan banyak gangguan. Bekas jari, embun, cipratan air, debu, bahkan pasir dan berbagai hal lainnya yang bisa merusak permukaan lensa. Sangat disarankan untuk melindungi lensa dengan menggunakan filter jenis Lens Protector, atau bisa juga menggunakan filter ultra violet (UV) berkualitas tinggi untuk mencegah kerusakan permukaan lensa dan tetap menjaga kualitas foto.

Ada banyak fotografer yang “anti” dengan penggunaan filter karena akan menurunkan kualitas foto. Pendapat ini juga benar, semahal apapun filter yang anda gunakan, pasti akan mempengaruhi cahaya yang masuk ke lensa. Untuk penganut anti-filter, lensa anda masih bisa dilindungi dengan selalu menempelkan Lens Hood dan menutupkan Lens Cap saat kamera tidak digunakan.

Piranti Untuk Travel Fotografer –  Tripod

Alat ini digunakan untuk menunjang kamera, dan penerapannya bukan hanya untuk acara foto bersama. Anda bisa menggunakan tripod untuk foto long exposure dan Slow Speed Photography.

Pilihlah tripod yang cukup kuat untuk menyangga kamera, tetapi juga ringan untuk dibawa selama travelling. Untuk tripod travelling terbaik anda bisa memilih model terbaru yang menggunakan bahan carbon fibre yang kuat dan ringan, tetapi tentu saja harganya lebih mahal daripada tripod berbahan alloy aluminium.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Filter CPL

Filter ini memberikan efek polarisasi, umumnya digunakan pada pemotretan landscape dan cityscape untuk menambah saturasi atau kepekatan warna langit, dan juga mengurangi pantulan pada permukaan non logam seperti air dan kaca. Sisi depan filter CPL bisa diputar untuk mengatur arah polarisasi yang sesuai kebutuhan.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Filter ND dan ND Grad

Filter neutral density (ND) bekerja seperti kacamata hitam, digunakan untuk mengurangi intensitas cahaya, dan umumnya diaplikasikan pada foto kecepatan rendah (slowspeed) atau foto outdoor di lokasi yang sangat terang.

Gadual ND adalah jenis filter ND yang mengurangi intensitas cahaya secara bertahap, biasanya gelap pada satu tepi dan bening pada tepi lainnya. Aplikasi paling umum filter ini adalah untuk pemotretan landscape, tepi yang gelap untuk mengurangi intensitas dan tepi yang bening untuk meneruskan cahaya secara normal.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Shutter cable dan Remote IR

Kedua alat ini memiliki fungsi serupa yaitu untuk mengaktifkan shutter kamera, dan umumnya diaplikasikan untuk menghindari guncangan karena menekan tombol shutter pada pemotretan slow speed photography. Beberapa seri juga ada yang dilengkapi dengan fitur timer dan time lapse yang bisa diprogram untuk memotret secara berkala.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Flash portable

Ada baiknya membawa perangkat flash portable jika dalam rencana travelling anda akan banyak menemui pengambilan gambar secara indoor atau di lokasi yang kurang pencahayaan. Disarankan memilih produk yang bisa diarahkan flash head-nya untuk teknik bouncing. Setiap pabrikan besar merelease paling tidak satu seri flash mini yang masih bisa diarahkan vertikal.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Kamera strap

Strap bawaan dari pabrikan umumnya sudah mencukupi untuk digunakan. Tetapi jika pada perjalanan anda perlu membawa kamera terus menerus, disarankan menggunakan strap yang didesain lebih nyaman. Pilihlah strap dengan tali cukup panjang, cukup kuat, bantalan yang lunak, dan usahakan tidak terlalu mencolok.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Kartu memori

Satu kartu memori biasanya tidak cukup untuk travelling dengan rentang waktu lebih dari satu hari. Bawalah beberapa kartu memori cadangan, dan atur penyimpanannya dengan aman. Pilihlah dari merk yang terpercaya dengan kecepatan yang memadai, semisal SD card dengan class 10. Usahakan anda format terlebih dahulu dengan menu dari kamera untuk menghindari file error.

Jangan tunggu sampai kartu sudah terlalu penuh, karena berisiko rusaknya file foto saat kamera menyimpan secara berlebih. Salah satu tips yang bisa diterapkan adalah dengan mengganti kartu memori setiap 1 atau 2 hari sesuai dengan jumlah foto yang anda ambil.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Bawa baterai cadangan

Tidak semua travelling memungkinkan anda untuk meng-charge baterai secara teratur. Usahakan membawa minimal satu baterai cadangan, agar tidak ketinggalan momen pada saat baterai utama kosong.

Beberapa tips dalam penggunaan baterai pada saat melakukan travelling adalah maksimalkan pre-visualisasi berikut pengaturan komposisi sebelum mengambil gambar, sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan muatan baterai. Kurang melakukan “chimping“, yaitu melihat preview setiap selesai mengambil gambar. Kurangi penggunaan live view, kecuali jika kamera anda hanya memiliki display live view seperti pada kamera mirrorless . Matikan kamera saat tidak digunakan, dan aktifkan fitur power saving. Waktu istirahat bisa anda mamfaatkan untuk mengisi ulang baterai.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Camera raincoat

Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk melindungi kamera pada saat hujan. Disarankan membawa alat ini jika perjalanan anda diperkirakan menemui kondisi hujan. Pada keadaan darurat, anda juga bisa menggunakan plastik kantong dan selotip untuk mengisolasi kamera.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Navigasi: Maps, GPS

Agar travelling anda lebih efektif, sangat disarankan untuk mempersiapkan alat navigasi seperti peta dan GPS. Cara yang paling praktis adalah dengan memamfaatkan aplikasi navigasi semacam Google Maps pada smartphone.

Piranti Untuk Travel Fotografer – Cleaning kit

Jangan lupa untuk membawa cleaning kit bagi peralatan fotografi anda seperti tisu khusus untuk membersihkan lensa dan filter, blower dan kuas. Cleaning kit ini akan berguna membersihkan piranti fotografi anda saat melakukan traveling dari debu, cipratan air, bekas jari, dan lain-lain.

Demikianlah daftar piranti untuk travel fotografer yang diperlukan agar kegiatan travelling anda lebih nyaman dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *